2.1 Pendahuluan

Manusia mampu mencerna sebuah makanan menjadi senyawa sederhana yang mudah diserap oleh tubuh karna ada sebuah sistem yang menghubungkan antara organ (alat pencerna) satu dengan yang lain. Komponen tersebut bisa digolongkan kedalam beberapa aspek meliputi secara bentuk dan kesinambungan fungsi. dalam kata kalimat Sistem Organ ada kata Sistem yang menjadi perhatian utama. Sistem organ terdiri atas beberapa organ individual yang bekerjasama untuk menjalankan suatu proses yang menunjang kehidupan seluruh sistem-sistem organ yang lain. Keseluruhan sistem organ tersebut akhirnya membentuk satu individu organisme. Sistem organ tubuh antara lain yaitu sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem ekskresi, sistem peredaran darah,sistem reproduksi, sistem endoktrin, dan sistem rangka (Pratiwi, 2006). Kaitanya dengan pencernaan maka didalam sistem terseut hanya akan ada organ-organ yang berperan dalam proses pencernaan seperti pada gamabar berikut ini.

Gambar 2.1 Bagian Organ Pencernaan


Proses yang terjadi dalam sistem pencernaan tidak hanya memfasilitasi proses pencernaan saja. Jika dikatakan suatu sistem membentuk organisme bisa disimpulkan bahwa Kumpulan dari Sistem Organ akan membentuk satu individu utuh untuk dapat hidup. Hal tersebut akan memberikan pengetahuan bahwa mempelajari sistem organ tidak boleh dipisah-pisah melainkan harus terus berhubungan.

2.2 Organisasi Kehidupan

Organisasi kehidupan dalam biologi mengacu pada tingkatan struktur dan fungsi dari makhluk hidup, mulai dari sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, hingga ekosistem. Organisasi kehidupan ini mencakup berbagai tingkat kompleksitas, mulai dari struktur dan fungsi yang sederhana pada tingkat sel, hingga struktur dan fungsi yang lebih kompleks pada tingkat sistem organ dan organisme. Konsep organisasi kehidupan dalam biologi membantu memahami bagaimana makhluk hidup diorganisir dan bekerja bersama untuk mempertahankan kehidupan mereka. Konsep ini juga membantu bagaimana memahami hierarki kehidupan dan bagaimana makhluk hidup dapat dikelompokkan dan dianalisis dalam berbagai tingkatan.

Gambar 2.2 Hirarki Mahluk Hidup

Organisasi kehidupan juga membantu kita memahami peran penting yang dimainkan oleh berbagai tingkatan dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan mempertahankan kelangsungan hidup makhluk hidup. Berikut penjabaran dari hierarki kehidupan :

  1. Sel: Sel adalah unit struktural dan fungsional kehidupan. Sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup yang mampu melakukan fungsi kehidupan seperti pertumbuhan, perkembangan, dan reproduksi.
  2. Jaringan: Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama. Jaringan ini terdapat pada hewan dan tumbuhan, seperti jaringan otot, tulang, darah, dan daun.
  3. Organ: Organ adalah struktur yang terdiri dari beberapa jaringan yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi tertentu. Contoh organ pada manusia adalah jantung, paru-paru, hati, dan otak.
  4. Sistem Organ: Sistem organ adalah sekelompok organ yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi tubuh tertentu. Contoh sistem organ pada manusia adalah sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem saraf, dan sistem kardiovaskular.
  5. Individu: Individu adalah makhluk hidup yang terdiri dari sel, jaringan, organ, dan sistem organ yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi kehidupannya.
  6. Populasi: Populasi adalah sekelompok individu yang hidup dalam suatu wilayah geografis yang sama. Populasi dapat terdiri dari makhluk hidup yang sama atau berbeda.
  7. Komunitas: Komunitas adalah sekelompok populasi makhluk hidup yang hidup dalam suatu wilayah geografis yang sama dan saling bergantung satu sama lain dalam berbagai aspek kehidupannya.
  8. Ekosistem: Ekosistem adalah sistem yang terdiri dari komunitas makhluk hidup dan lingkungannya, termasuk faktor abiotik seperti air, udara, dan sinar matahari.

2.3 Rangkuman

Pendahuluan Manusia mampu mencerna sebuah makanan menjadi senyawa sederhana yang mudah diserap oleh tubuh karna ada sebuah sistem yang menghubungkan antara organ (alat pencerna) satu dengan yang lain. Sistem organ terdiri atas beberapa organ individual yang bekerjasama untuk menjalankan suatu proses yang menunjang kehidupan seluruh sistem-sistem organ yang lain. Kaitanya dengan pencernaan maka didalam sistem terseut hanya akan ada organ-organ yang berperan dalam proses pencernaan seperti pada gamabar berikut ini. Jika dikatakan suatu sistem membentuk organisme bisa disimpulkan bahwa Kumpulan dari Sistem Organ akan membentuk satu individu utuh untuk dapat hidup. Organisasi Kehidupan Organisasi kehidupan dalam biologi mengacu pada tingkatan struktur dan fungsi dari makhluk hidup, mulai dari sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, hingga ekosistem. Organisasi kehidupan ini mencakup berbagai tingkat kompleksitas, mulai dari struktur dan fungsi yang sederhana pada tingkat sel, hingga struktur dan fungsi yang lebih kompleks pada tingkat sistem organ dan organisme. Konsep organisasi kehidupan dalam biologi membantu memahami bagaimana makhluk hidup diorganisir dan bekerja bersama untuk mempertahankan kehidupan mereka. Konsep ini juga membantu bagaimana memahami hierarki kehidupan dan bagaimana makhluk hidup dapat dikelompokkan dan dianalisis dalam berbagai tingkatan. 

2.4 Evaluasi

Berikut soal berkaitan dengan sistem organ

Perhatikan gambar berikut!

Gambar 2.3 Sistem Organ Pada Manusia
Buatlah analisis hubungan antara tiap organ pada manusia hingga membentuk sebuah sistem yang menghubungkan antara organ melalui kegiatan penyelidikan dengan menggunakan fitur pada e-modul, berikut pembagiannya
  1. pembuluh darah dengan usus
  2. faring dengan laring
  3. mulut dengan esofagus
  4. pangkreas dengan usus
Kiri jawaban anda dalam bentuk word dalam kolom pengumpulan tugas!

2.5 Referensi

D.A. Pratiwi (2006).Biologi untuk SMA kelas XI, Jakarta: Erlangga.