1.1.1 Pengertian Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan kumpulan sistem tubuh yang bertanggung jawab untuk memecah makanan dan menyerap nutrisi dari makanan tersebut agar dapat digunakan oleh tubuh. Sistem pencernaan terdiri dari beberapa organ, termasuk mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Proses pencernaan dimulai di mulut, di mana makanan dicerna dan dipotong-potong oleh gigi dan enzim saliva. Kemudian, makanan bergerak ke kerongkongan dan kemudian ke lambung, di mana asam lambung dan enzim pencernaan lainnya membantu memecah makanan menjadi partikel yang lebih kecil. Setelah itu, makanan akan masuk ke usus halus, di mana nutrisi akan diserap dan diproses lebih lanjut. Akhirnya, makanan yang tidak dicerna akan masuk ke usus besar, di mana sisa-sisa makanan dan air akan diserap sebelum dibuang melalui anus.


Sistem pencernaan sangat penting untuk kesehatan dan fungsi tubuh yang optimal. Gangguan pada sistem pencernaan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti sakit perut, sembelit, diare, dan gangguan makan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan mengonsumsi makanan sehat, minum air yang cukup, dan menjaga gaya hidup yang sehat secara umum.

Gambar 1.1 Bagan Sistem Pencernaan

1.1.2 Fungsi Sistem Pencernaan

Seperti halnya sebuah mesin yang bergerak membutuhkan tenaga atau bahan bakar, tubuh manusia juga membuthkan enegi berupa senyawa biokimi, seperti  ATP (Adenosine Triphosphate) yang merupakan  molekul energi yang sangat penting dalam tubuh. 

a. Penghasil Energi

ATP mengandung energi kimia yang digunakan untuk mendukung berbagai reaksi biokimia di dalam sel, termasuk metabolisme dan sintesis seluler. ATP dihasilkan melalui proses respirasi seluler di mitokondria sel, dan kemudian digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas seluler, seperti kontraksi otot, sintesis protein, dan transportasi zat-zat di dalam sel. ATP disebut sebagai "mata uang energi" dalam tubuh karena perannya yang sangat penting dalam mendukung fungsi seluler dan proses kehidupan.
Gambar 2.1 Organel Sel Mitokondria
 


Hanya dalam bentuk ATP energi dapat di terima oleh sel tubuh manusia, sedangkan bahan makanan yang masuk kedalam tubuh manusia berupa senyawa yang kompleks maka dari itu fungsi utama dari sistem pencernaan adalah menyederhanakan senyawa komplek menjadi sederhana contoh pepton menjadi asam amino. perhatikan animasi dibawah ini!

b. Proteksi Tubuh

Fungsi proteksi dari sistem pencerna untuk menghalau masukknya organisme atau bahan berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan manusia. fungsi ini terdapat dibagian tertentu pada organ pencernaan. Pada dasarnya tubuh manusia memiliki sistem protesksi yang ketat terhadap benda asing yang akan masuk kedalam tubuh. Contoh paling mudah adalah terjadinya mual saat memakan makanan tertentu, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kelebihan makanan yang masuk kedalam saluran pencernaan, adanya zat asing yang beracun dan kondisi saluran pencernaan yang abnormal.

Muntah merupakan proses kembalinya makanan yang sudah tercerna pada bagian organ pencernaan dan akan berbeda bentuk dan karakteristiknya. Hal demikian terjadi dikarenakan pada setiap bagian organ akan memiliki mekanisme pencernaan yang berbeda. secara umum mekanisme pencernaan dibagi menjadi 2 yaitu 1) pencernaan mekanik dan 2) pencernaan kimiawi yang akan berpengaruh terhadap karakter dan bentuk makanan cerna. Hal tersebut dapat dipelajari pada bagian topik berikutnya berkaitan dengan organ dan fungsinya.

1.1.3 Rangkuman

Sistem Pencernaan Sistem pencernaan merupakan kumpulan sistem tubuh yang bertanggung jawab untuk memecah makanan dan menyerap nutrisi dari makanan tersebut agar dapat digunakan oleh tubuh. Akhirnya, makanan yang tidak dicerna akan masuk ke usus besar, di mana sisa-sisa makanan dan air akan diserap sebelum dibuang melalui anus. Sistem pencernaan sangat penting untuk kesehatan dan fungsi tubuh yang optimal. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan mengonsumsi makanan sehat, minum air yang cukup, dan menjaga gaya hidup yang sehat secara umum.

Funsi Sistem Pencernaan Seperti halnya sebuah mesin yang bergerak membutuhkan tenaga atau bahan bakar, tubuh manusia juga membuthkan enegi berupa senyawa biokimi, seperti ATP (Adenosine Triphosphate) yang merupakan molekul energi yang sangat penting dalam tubuh. ATP dihasilkan melalui proses respirasi seluler di mitokondria sel, dan kemudian digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas seluler, seperti kontraksi otot, sintesis protein, dan transportasi zat-zat di dalam sel. ATP disebut sebagai ‘‘mata uang energi‘‘ dalam tubuh karena perannya yang sangat penting dalam mendukung fungsi seluler dan proses kehidupan. Hanya dalam bentuk ATP energi dapat di terima oleh sel tubuh manusia, sedangkan bahan makanan yang masuk kedalam tubuh manusia berupa senyawa yang kompleks maka dari itu fungsi utama dari sistem pencernaan adalah menyederhanakan senyawa komplek menjadi sederhana contoh pepton menjadi asam amino. Proteksi Tubuh Fungsi proteksi dari sistem pencerna untuk menghalau masukknya organisme atau bahan berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Pada dasarnya tubuh manusia memiliki sistem protesksi yang ketat terhadap benda asing yang akan masuk kedalam tubuh. Muntah merupakan proses kembalinya makanan yang sudah tercerna pada bagian organ pencernaan dan akan berbeda bentuk dan karakteristiknya. Hal demikian terjadi dikarenakan pada setiap bagian organ akan memiliki mekanisme pencernaan yang berbeda.

1.1.4 Evaluasi

Jawab dan kirim jawaban soal beriku pada menu kanan kolom "Ruang Tugas"
1. Apa fungsi utama dari sistem pencernaan...
2. Terbentuk dari apakah sistem pencernaan...
3. Bagaimana jika salah satu sistem pencernaan tidak berfungsi....
4. dari sekian banyak organ dalam sistem pencernaan yang berperan paling penting adalah...
5. Apa fungsi proteksi pada sistem pencernaan....